Minggu, Maret 04, 2007

e-ticket Air Asia & Garuda Indonesia kini

Air Asia merupakan airline di Indonesia yg pertama kali menerapkan e-ticket, yg diikuti kemudian oleh Garuda Indonesia. booking dan ordernya bisa dilakukan dg cara online dari internet. pembayarannya dg credit card atau ATM. lalu ticketnya hanya dg di-print di selembar kertas dan sudah bisa dibawa langsung untuk check-in.

e-ticket merupakan proyek IATA (International Air Transport Association) yg mengharuskannya kepada semua airline di dunia paling lambat kuartal ke-3 tahun 2007 ini.

ada seorang teman dari singapore mengatakan, booking, order, payment, print e-ticket dan check-in untuk Silk Air semua dilakukan via website. bahkan untuk check-in di website, dia bisa pilih nomor tempat duduk yg diinginkan. keren ya! kalo semua airline sudah bisa seperti itu, customer sangat terbantu sekali! kita nggak perlu repot nelpon atau mendatangi travel agent untuk order ticket. cuma beberapa menit dg mengakses website airline ybs, bayar pakai credit card atau internet banking, e-ticket bisa kita dapet seketika itu juga, termasuk nomor tempat duduk! tinggal konfirmasi ke counter di airport, lalu bayar fiskal (tujuan internasional) dan airport tax.

ohya, nyoal fiskal dan airport tax.. sekedar untuk diketahui saja, di singapore nggak ada tuh kita disuruh bayar fiskal dan airport tax. kayaknya cuma di Indonesia aja deh.. atau bisa mungkin hanya di negara2 ke-3 saja yg menerapkannya. tapi.. fiskal sebesar 1 juta per orang, menurut teman saya dari singapore tsb bilang.. mahal sekali! almost USD 100! yah begitulah.. :(

2 komentar:

Yodi mengatakan...

Hehe kalo di luar negeri (singapura, belanda dll) airport tax mahal! tapi kadang kita nggak tahu kerasa karena udah dibayar waktu beli tiket.

Sebagai contoh airport tax untuk tiket PP ke singapur sebesar 25USD.
Padahal tiket bisa bervariasi dari <100 USD mpe 200 USD (return). Jadi besarnya airport tax antara 25% mpe 10% dari harga tiket..

(kalo fiskal emang kyknya cuman di indo deh)

aDiNG mengatakan...

ow udah include di pembelian tiket ya.. lebih praktis begitu sih. cuma fiskal aja yg masih memberatkan.. :(