tgl 25 Des 2006 saya kebetulan naek Adam Air tujuan Jakarta-Pekanbaru. dapet
seat di tengah, persis di bag
emergency door. sebelum
take-off, seorang awak kabin memberikan instruksi khusus kepada kami ttg cara membuka pintu darurat tsb. jadi, kursi di depan saya kosong. lumayan.. kaki bisa selonjor. nggak spt yg lain, karna
space antara kursi cukup sempit, perjalanan 1 jam lebih.. kaki pasti pegel. wiii.. sbenernya ngeri juga, tapi Alhamdulillah nggak terjadi apa2.
orange + blue yg ngejreng ------- kursi depan kosong?
emergency door --- ketinggian di atas 30 ribu ft cuma bisa liat padang awan
di banyak blog, bertubi2 berkomentar ttg buruknya layanan
Low Cost Carrier di Indonesia. bahkan sampai ke
jurnalis asing dan
para pilot yg sudah banyak ikut berkomentar. mereka menyebutkan bahwa penyebab kecelakaan pesawat di Indonesia selama ini karna banyaknya pangkas ini-itu, termasuk
maintenance apa adanya (ini menurut tetangga saya yg seorang
engineer Garuda Indonesia).
tapi coba kita inget2 dari sekian banyak maskapai di Indo, Adam Air dan Lion Air dan Mandala cukup sering mengalami kecelakaan, bahkan Garuda pun juga pernah. Yg jelas menurutku bukan faktor umur pesawat yg menjadi parameternya. seperti halnya kita punya mobil/motor tua, dg perawatan yg baik, tentu akan tetap laik dan nyaman dikendarai dibanding dg yg baru tapi perawatannya kurang diperhatikan. Air Asia, Sriwijaya, Batavia, dll belum pernah ada
record pernah kecelakaan, apa karna mereka sangat memperhatikan dlm merawat pesawat2nya? atau kebetulan belum kedapatan apesnya aja?
5 komentar:
wah kita cocok, saya juga berpikir seperti itu kemaren, karena garuda malah sering kecelakaan tuh dulunya
halo Septian.. ya begitu lah.. banyakan orang mungkin merasa lebih mudah mencari2 kesalahan supaya tambah salah.. bukannya mencari penyebabnya dulu :) btw, salam kenal ya
liputan yg bagus mas...!!!
kerennn...moga2 menjemen transportasi segera beres...dan bisa nyaman duduk di atas ketinggian di atas 30 ft..hehhehe
Pepeng @ escoret.net iya, sampek musibahnya kumplit! habis pesawat adam air, kapal senopati, trus lanjut dg kereta bengawan. kalo bis? wes biarin aja, kecelakaan bis udah biasa ;)
Betul itu. Umur pesawat bukan masalah. Yang penting adalah maintenance-nya. Cuma pikir2 lagi... kalo low cost flight kira2 masih nutupin biaya maintenance jugakah? He...he... Pokoknya kalo masih ditanggung perusahaan....pake yang Te O Pe alias mahal aja ;-)
Lam kenal ya....
Posting Komentar