Sabtu, Desember 09, 2006

Orderan Web: 2x kena tipu

yg pertama dapet order dari orang semarang yg ngakunya punya toko PDA. dia ingin dibuatkan website untuk toko PDA-nya sesuai template yg sudah dia punya. oke nggak masalah. template disimpan via cd dan kemudian dikirim ke saya via kurir. dari template itu ada beberapa bagian yg harus dibuat karna dia minta dibikin pake flash (beberapa bagian saja, nggak full flash). nggak lama biayanya saya infokan via sms, ybs minta diskon dan akhirnya setelah nego kami pun sepakat dg harga akhirnya. untuk order web development, saya biasa kerjasama dg seorang teman sbg designer untuk bikinkan flash-nya. setelah oke semua, saya upload prototype web (html) tsb ke web saya di http://adiraweb.com. setelah itu, dia minta revisi beberapa flash disitu yg menurutnya terlalu berat loadingnya. setelah revisi demi revisi selesai.. dan katanya sudah oke semua, saya pun minta dp 25%. semenjak itu lah dia nggak bales sms & email saya. saya telpon pun nggak diangkat. sial.. ketipu.. nggak dapet apa2, sudah terlanjur kerja.. dp-pun juga nggak dapet.. *hiks*

yg kedua.. skitar akhir sept yg lalu, via sms seseorang minta ketemuan di sheraton untuk diskusi pembuatan websitenya. setelah ketemu, trus diajaknya ke business center di lt.2. sewa internet akses disitu, browse beberapa website agrobisnis sbg bahan referensi websitenya. semua maksud dan keinginannya sudah cukup jelas saya tangkap. materi softcopy juga sudah disiapkan dan di-copy ke flash-disk seketika itu. nggak lupa waktu itu saya beritahukan kisaran biayanya, ybs oke dan nggak masalah katanya. seminggu kemudian 3 hasil desain web dalam format jpg (dg re-size 75% dr ukuran asli) saya emailkan ke dia. dia pilih salah satunya, dan setelah beberapa kali revisi selesai, saya minta dp 25% dan sekalian saya kirim invoice biayanya. dia setuju, besoknya dp tsb sudah ditransfer ke rek bca saya. 2 hari kemudian website usaha agrobisnisnya sudah online. permintaan revisi beberapa konten yg menurutnya kurang pas segera saya lakukan. seminggu kemudian, semua sudah oke, sayapun minta pembayaran atas sisa biayanya. dia bilang tunggu besok, karna sedang ke makasar. mulai deh sejak itu ada aja alasannya.. yg lagi meeting lah, lagi umroh lah, sd seusai liburan lebaran, dia bilang sdg di jakarta, besoknya bilang sudah ditransfer via bii. seminggu saya tunggu nggak masuk2 juga transfernya. via sms, dia ngotot sudah transfer, saya reply kalo transfer dr lain bank maks 3 hari dan ini sudah seminggu. dan benar saja, staff-nya salah tulis no rekening! dia minta maaf atas kejadian itu, trus bilang tunggu sepulangnya dari singapore. walaaah.. saya pun nunggu lagi dg sabar. seminggunya, dia janji2 surga lagi. sampai kemudian no response. sms + telpon nggak dijawab. 1 bulan lebih saya nagih2 kayak debt-collector (walo cuma via sms). api cape dee.. terpaksa saya tutup aja websitenya dg message:
THIS WEBSITE HAS BEEN SUSPENDED
FOR NON-PAYMENT
since 4 DEC 2006

gampang2 susah ya dapet orderan web begini :) yah sudahlah.. mo gimana lagi.. pasrah.. cuma bisa berharap semoga dapet orderan yg lebih baik nanti :D

6 komentar:

pyuriko mengatakan...

Sabar....sabar....sabar Mas.
Ada hikmah tersendiri dari setiap kejadian,...

aDiNG mengatakan...

@pyuriko
iya.. udah berusaha sabar koq :)
pasti semua kejadian ada hikmahnya
terima kasih ya

arman mengatakan...

Saran saya, Mas:

1. Lain kali minta bayaran di depan, baru kerja.

2. Kemudian hasil akhir baru akan diserahkan ke pelanggan setelah rekening pak Adi kemasukan sisa kontrak itu.

3. Untuk advis ini, mohon sejumlah Rp 100 rupiah ditransfer ke rekening saya berikut ini ...bla.bla.bla........... :-)

Brillie mengatakan...

Waduh... yang sabar aja yach mas. Namanya juga sifat orang. Emang susah... btw biasanya mas buatin mereka website pake bahasa pemograman apa? ASP? PHP? atau apa? mas, aku mau dong namaku dicantumin jadi salah satu temennya mas :p hehehe...

aDiNG mengatakan...

hi Brillie.. aku cuma bisa PHP. dulu pernah ada temen minta tolong bikinkan web ecommerce dg ASP, setengah mati aku blajarnya. udah aku pasang tuh link ke blogger-nya Brillie. tukeran link ya.. :) makasih udah mau nyempetin mampir kesini

aDiNG mengatakan...

@arman
ehehehehe.. boleh juga tuh usulmu
tapi namanya juga bidang jasa.. ya kerja dulu baru dibayar, ya nggak sih?