Senin, Desember 04, 2006

Ada apa dg Star Trek ?

Star Trek (ST) adalah film serial TV. Sekilas mengenai ST :
canggih.. rapi.. teratur.. bersih.. disiplin.. bijaksana.. leadership.. kreatif.. inovatif.. no korupsi.. dan banyak yg aneh.. ya namanya juga film :)

ini cuplikan dari wikipedia :
"Serial yang bertemakan fiksi ilmiah ini bercerita mengenai kehidupan manusia di masa depan bersama-sama dengan spesies dari planet dan tata surya lain. Star Trek diciptakan oleh Gene Roddenberry dan adalah salah satu franchise hiburan paling laris di dunia dan memiliki jutaan penggemar yang sering datang ke Star Trek Conventions (pertemuan para penggemar Star Trek)."

dan ini cuplikan dari salah satu website ST (udah lama banget.. lupa url-nya) :
"STAR TREK disaksikan di lebih dari 100 negara dan telah diterjemahkan ke dalam belasan bahasa. Setiap bulan, novel STAR TREK klasik ataupun STAR TREK: THE NEXT GENERATION diterbitkan oleh Pocket Books. Lebih dari 63 juta buku-buku STAR TREK telah dicetak dan diterjemahkan ke lebih dari 15 bahasa termasuk bahasa China, Norwegia, Hungaria, dan Hebrew.

'Trekkies' dan 'Trekker', adalah sebutan khusus para penggemar STAR TREK yang telah resmi diakui dan telah dimuat di 'Oxford English Dictionary'

Konvensi STAR TREK diadakan tiap akhir tahun paling sedikit di empat kota berbeda di US,
tiap tahun berhasil berkumpul lebih dari 300 ribu penggemar di US dan diperkirakan sudah satu juta penggemar jumlahnya di seluruh dunia.

'US Space Shuttle' yang pertama kali, 'Enterprise', adalah nama yang diberikan setelah NASA menerima 400 ribu permintaan penamaan dari para penggemar STAR TREK.

Pada tahun 1993 seorang mahasiswa dari Purdue University mengungkapkan hasil penelitiannya bahwa anak-anak belajar dan memperoleh ilmu pengetahuan lebih dari yang didapatkan di STAR TREK daripada sumber lainnya.

Banyak hal menarik di STAR TREK, tetapi satu yang terpenting bagi kamu sebagai penggemarnya. Kalo kamu benar-benar ingin mengetahui lebih dalam apa itu STAR TREK, tonton semua tayangan serial televisinya, sewa film-filmnya, temui para penggemarnya, dan selalu memonitor produksi-produksi selanjutnya, baik penggemarnya, ataupun segala sesuatu yang terjadi di dunia STAR TREK."

Saya nontonnya sejak masih SD. Doeloe judulnya StarTrek: The Original Series (ST:TOS)
"These are the voyages of the Starship Enterprise... Its five year mission..." (seting abad 23)

Disinilah dimana semuanya dimulai. Seri Star Trek ini berjalan dari tahun 1966 hingga tahun 1969, total menghasilkan 79 episode. Suatu waktu tampak seperti "sebuah Deretan Kereta menuju bintang-bintang di angkasa," Star Trek klasik menceritakan petualangan-petualangan para kru dalam kelas-Konstitusi Starship Enterprise selama lima tahun missinya menjelajah angkasa luar. Misi 5 tahun yg diemban mereka berjalan hanya 3 tahun dalam hitungan waktu Bumi. Dan peninggalan dari 3 tahun Star Trek tersebut telah memberikan kepada dunia suatu fenomena yg belum pernah disinggung oleh segala serial televisi saat itu. Di saat Star Trek ditayangkan hingga tiga tahun lamanya di televisi, seiring itu pula bertambahlah para penggemar hingga dalam jumlah jutaan orang. Dari serial pertama ini muncul kemudian: satu serial versi kartun, tiga serial televisi, delapan film versi layar lebar, dan ratusan novel serta suvenir. Saat ini, serial 'the original Star Trek' ditayangkan kembali pada lebih dari 100 negara di dunia.

Terus berikutnya berurutan dibuat ST yg lebih baru, beda starship, beda kapten, beda crew member. Dimulai kemudian dg serial ST yg paling sukses ST: The Next Generation (ST:TNG)
"These are the voyages of the Starship Enterprise... Its continuing mission..." (seting abad 24)

Dimulai pada tahun 1987 hingga 1994, produser serial kedua Star Trek ini perduli untuk mencoba membuat kelanjutan serial sebelumnya, dan adalah yg pertama kali dilakukan di layar televisi. Kali ini, mereka membuatnya sebagai serial mingguan yg memfokuskan pada petualangan-petualangan para kru yg benar-benar baru dan pada 'starship' yg lebih besar, bernama USS Enterprise NCC-1701-D. Dikomandani oleh Capt Jean-Luc Picard, mendukung para awak yg lebih banyak, dan pandangan baru, di setiap minggunya, dg diberikannya efek khusus teknologi canggih. Serial ini bertahan dalam produksinya total selama tujuh tahun, banyak terima kasih pula dg juga makin bertambahnya popularitas atas meningkatnya penggemar setia Star Trek, dan berakhir dg total 177 episode. Star Trek: The Next Generation telah menjadi serial drama fiksi ilmiah favorit tertinggi di televisi, dan hingga hari ini masih merupakan penayangan favorit tertinggi di seluruh dunia.

Produksi seri ST beriktunya adalah ST: Deep Space 9 atau ST:DS9
"The adventures near a wormhole on the edge of the final frontier." (seting abad 24)

Ini adalah Star Trek serial televisi yg ke-3, pertama dibuat pada tahun 1992 hingga 1995, aksinya kini berubah bukan lagi di 'starship' lagi tetapi di sebuah stasiun angkasa. Serial ini selesai pada tahun ke-4-nya dan melanjutkan tradisi penciptaan efek-efek dan menjadikan para pemerannya menduduki tingkat paling atas terfavorit beberapa saat.

Diproduksi kemudian ST: Voyager yg termasuk saya favoritkan setelah ST:TNG
"The voyages of the Starship USS Voyager." (seting abad 24)

Serial Star Trek ke-4, dimana menjadi hit di US dimulai pada Januari 1995, adalah yg pertama kalinya menampilkan seorang kapten cewek -- Kathryn Janeway. 'Starship' USS Voyager bernomor NCC-74656 bersama para kru di dalamnya terbuang lebih dari 70 ribu tahun cahaya dari 'Federation space' dan berusaha keras 'to find a way home.' Asal mulanya USS Voyager berada pada posisi terjauh dari 'Alpha Quadrant' di saat mau menolong satu 'vessel' pemberontak dari bangsa Maquis, dan terpaksa harus terseret keluar batas dari 'Alpha Quadrant', 2 'ship' yg keluar jalur ini pun akhirnya bergabung walau mengalami ketidak-cocokkan antara kru 'Starfleet' dan para pemberontak 'Maquis' tersebut.

Seri yg paling terbaru diproduksi adalah ST: Enterprise (awalnya disebut sbg Enterprise saja). Terus terang secara pribadi, saya kurang suka dg ST seri ini. Selain karna setingnya diambil di zaman sebelum ST:TOS, juga dari segi cerita kurang menarik.. nontonnya keburu bosen. Karna ratingnya yg terus anjlog, produksinya pun cuma bertahan selama 4 tahun.

in the 22nd century... Earth is at yet another turning point. Almost a century after first contact with the benevolent Vulcans, mankind is ready to plunge headlong into the ocean of space...

Seri yg ke-5 ini mengisahkan petualangan pesawat Enterprise NX-01 di bawah pimpinan kapten Jonathan Archer (Scott Bakula). Seri ini adalah prekuel dari ST seri pertama, sekitar satu abad sebelumnya. Mulai ditayangkan tahun 2001 dan terakhir ditayangkan pada tahun 2005.

Selain serial TV, diproduksi juga versi layar lebar. Sudah diproduksi 10 judul dan akan digarap produksinya yg ke-11.

Itulah Star Trek.. Film seri tv fiksi ilmiah yg lebih populer memang ada beberapa yg jauh lebih sukses seperti Stargate atau SG-1. Tapi.. cmiiw, belum ada film fiksi ilmiah bertema angkasa luar yg bisa mengungguli Star Trek ini :P

Referensi :
- Indo-StarTrek : http://www.indo-startrek.org
- Forum Indo-StarTrek : http://forum.indo-startrek.org
- Mailing-List Indo-StarTrek : http://groups.yahoo.com/group/indo-startrek
- Website resmi StarTrek : http://www.StarTrek.com
- Portal Wikipedia StarTrek : http://memory-alpha.org/en/wiki/Portal:Main

Tidak ada komentar: