Minggu, Februari 04, 2018

Cara akses komputer di rumah dari mana saja dan kapan saja

Pernahkah saat sedang bekerja atau sedang bisnis travel, ada file dokumen atau flashdisk yang ketinggalan di rumah? Padahal file/flashdisk tersebut sangat penting dan diperlukan sekali. Kalau harus pulang lagi ke rumah, sangat tidak efektif, akan banyak waktu yang terbuang. Dan biasanya kita minta tolong seseorang di rumah untuk mengambilkan atau mengantarkan flashdisk/file dokumen tersebut ke lokasi kita atau janjian ketemu di tengah-tengah di antara rumah dan lokasi kita berada. Masih wasting time ya.. karena kita masih harus menunggu. Solusi lain, dengan adanya kecanggihan teknologi sekarang ini, kita bisa minta tolong seseorang di rumah untuk mengirimkan file dokumen tersebut melalui cloud server seperti Dropbox, Google Drive, dll atau bisa juga dikirim melalui messenger WhatsApp, Telegram, atau email, dll. Cara ini mungkin cukup praktis, tapi bagaimana kalau di rumah sedang tidak ada orang? Atau kalau ada pun, yang bersangkutan belum paham cara mengirimkan file dari komputer tersebut ke cloud server atau messenger atau email, dan kalau pun harus dipandu, memerlukan waktu yang lumayan panjang untuk mencari file/flashdisknya dimana, setelah ketemu perlu proses step-by-step mengirimkannya ke cloud server atau messenger atau email.

Nah, dari semua itu, ada satu solusi yang jauh lebih praktis, yaitu dengan memanfaatkan software desktop sharing. Dengan software ini, kita bisa melakukan copy/download sendiri file yang ada di komputer rumah langsung ke smartphone atau laptop. Syaratnya: komputer di rumah harus dalam kondisi sedang online/terhubung ke internet, dan software desktop sharing tersebut dalam status aktif/standby.

Ada beberapa software desktop sharing yang cukup populer, free dan bisa digunakan di semua sistem operasi Windows, Linux, Mac/Apple, android, iOS. Di antaranya adalah TeamViewer, Chrome Remote Desktop, AnyDesk, Tappin.

Problem solved!
Tidak perlu lagi bingung kalau suatu saat ketinggalan file di rumah :)

Catatan: cara ini tidak efektif untuk mendownload file yang berukuran besar di atas 50 MB, karena kalau koneksi internet kurang stabil dan lambat, memerlukan waktu download lebih dari 15 menit bahkan sampai 1 jam lebih (semakin besar ukuran file semakin lama proses downloadnya).

Semoga bermanfaat. aDiNG

Tidak ada komentar: