Minggu, Juni 15, 2008

internetan gratis 24 jam di changi

ada tugas (lagi) ke spore akhir mei kemarin. salah satu fasilitas free di bandara changi adalah akses internet. ada beberapa cara untuk bisa berinternet disana.

pertama akses via komputer yg telah disediakan di setiap sudut bandara, yg ini masa pakainya dibatasi hingga 15 menit saja, tapi nggak masalah, kamu bisa langsung re-login koq.

cara kedua, kalo bawa laptop + kabel network / lan, tinggal colok kabel lan ke beberapa tempat yg tersedia.

cara ketiga, ya ini yg mau kubahas disini.. seluruh area bandara changi telah berhawa wifi. untuk bisa menggunakan free wifi disana, kamu harus daftar dulu (free) untuk memperoleh login access, daftarnya online dan instan! sebelum mendaftar, persiapkan beberapa hal :
  1. pastikan hape-mu aktif dan bisa menerima sms internasional (dari singapore), karena password akan dikirim via sms. setauku untuk semua nomor pasca-bayar (halo / matrix / xplor) sudah bisa roaming internasional, sedangkan untuk nomor pra-bayar (simpati / mentari / bebas / dll) harus diaktifkan dulu sewaktu masih di indo. alternatif, beli kartu pra-bayar lokal singapore, kamu bisa beli di counter money changer di dalam bandara changi. saranku beli kartu "hi!" prepaid sim card dari SingTel. termurah s$28 (sekitar Rp 195rb). pengalamanku tinggal selama 3 hari disana buat nelpon ke indo (pake voip) sudah lebih dari cukup.
  2. email aktif. boleh pake email gratisan seperti dari yahoo dan gmail.
  3. trakhir siapkan nomor passport.

cek wireless nework di laptop
pilih "wirless@sg"


cek status untuk melihat sukses tidaknya koneksi


saat buka browser, otomatis akan terhubung ke web wireless@sg
klik link "new user sign up"


lengkapi kolom2 pendaftaran disana
setelah submit daftar, password akan dikirim via sms


saat login, pilih service provider "qmax"
input username, lalu password yg dikirim via sms tadi


setelah sukses logged-in, segera ganti password


Tidak ada komentar: